Sabtu, 29 September 2012

Kekuatiran yang Berlebihan

Kekuatiran dapat melanda siapa saja, bahkan seorang yang sudah sukses sekalipun pasti pernah merasa kuatir. Sekilas kita melihat bahwa kekuatiran itu hal yang wajar dan sangat manusiawi karena kita adalah manusia biasa, namun kalau rasa kuatir tersebut terlalu berlebihan tentu saja tidak baik. Banyak dari kita yang sedikit-sedikit kuatir, bahkan ketika kita belum melakukan apa-apa sudah kuatir duluan. Takut ini begini dan begitu dan pikiran kita juga kerap kali dipenuhi dengan kalimat, "Jangan-jangan begini/begitu."

Coba kita pikir-pikir lagi, masa iya Tuhan membiarkan umat pilihan-Nya bahkan yang dianggap sebagai biji mata-Nya kelaparan ataupun telanjang? Tentu saja TIDAK! Coba lihat kembali apa firman Tuhan dalam Matius 6:25. Ketika kita kuatir, apalagi kuatir yang berlebihan, semua itu tentu akan menyusahkan diri kita sendiri --> Lukas 10:41. Lebih dari itu, ada beberapa akibat negatif yang ditimbulkan dari kekuatiran kita yang berlebihan, antara lain:

  • Mengubah fokus kita --- Ketika kita berencana tentang apapun dan kemudian kekuatiran berlebihan hinggap dalam diri kita, otomatis fokus kita tidak lagi berada pada tujuan kita semula tapi justru tertumpu pada masalah-masalah yang sebenarnya belum tentu terjadi di masa depan.
  • Membuang waktu kita --- Kita seharusnya dapat memanfaatkan waktu yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang berguna, tapi karena kekuatiran yang berlebihan seringkali justru membuat kita akhirnya tidak dapat melakukan apa-apa. Hal ini terjadi karena kita terganggu dengan hal yang kita kuatirkan itu.
  • Menurunnya kesehatan kita --- Ketika kuatir berlebihan terhadap sesuatu, seringkali kita tertekan dan menyebabkan nafsu makan hilang dan bahkan susah tidur, dan itu semua akan membuat kesehatan kita memburuk. Kita memang tidak tahu hari depan kita seperti apa, tapi percaya saja bahwa kita ada dalam pemeliharan Tuhan.
Apapun yang menjadi pergumulan kita akhir-akhir ini, jangan sampai diri kita dikuasai oleh kekuatiran yang berlebihan karena semua itu tidak membangun dan justru merugikan kita. Bawa dalam doa apapun kekuatiran atau pergumulan Anda. Tuhan Yesus selalu buka jalan dan memberikan yang terbaik untuk anak-anak-Nya. GOD BLESS 

Tidak ada komentar: